Jumat, 21 September 2018

Jenis-Jenis Jaringan Komputer


Pengertian PAN
PAN atau Personal Area Network adalah jaringan komputer digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer,Jangkauan dari jaringan PAN biasanya hanya beberapa meter. Jaringan PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi sendiri (Komunikasi Intrapersonal).
Kegunaan jaringan PAN (Personal Area Network) menghubungkan perangkat-perangkat komputer sebagai media komunikasi antara perangkat sendiri (Komunikasi Personal).

Contoh Penggunaan Jaringan PAN
  • Menghubungkan HP dengan Laptop menggunakan Bluetooth.
  • Menghubungkan mouse dengan Laptop menggunakan Bluetooth.
  • Menghubungkan Printer dengan Laptop menggunakan Bluetooth.
Teknologi Jaringan PAN
Bluetooth PAN juga disebut piconet, dan terdiri dari 8 sampai perangkat aktif dalam hubungan tuan-budak (yang sangat besar jumlah perangkat yang dapat dihubungkan pada “parkir” mode). Perangkat Bluetooth pertama di piconet adalah master, dan semua perangkat yang berkomunikasi dengan slave master. Piconet biasanya memiliki jarak 10 meter, walaupun berkisar hingga 100 meter dapat dijangkau di bawah keadaan ideal.
Inovasi baru dalam Bluetooth antena ada diizinkan untuk perangkat ini sangat melebihi jangkauan untuk mereka yang pada awalnya dirancang. Pada DEF CON 12, sekelompok hacker yang dikenal sebagai “Flexilis” berhasil tersambung dua perangkat Bluetooth lebih dari setengah mil (800 m) itu. Mereka menggunakan antena dengan lingkup dan antena Yagi, semua terpasang ke senapan saham.
Skinplex, PAN teknologi lain, transmit melalui capacitive dekat bidang kulit manusia. Skinplex dapat mendeteksi dan berkomunikasi hingga satu meter dari tubuh manusia. Sudah digunakan untuk kontrol akses untuk mengunci pintu dan kemacetan perlindungan mobil di atap mobil.

Pengertian Jaringan LAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network, yang mana merupakan sebuah jaringan komputer dengan skala kecil (local) seperti gedung perkantoran, sekolah atau rumah. LAN umumnya digunakan untuk berbagi resource dalam suatu gedung. LAN dapat berdiri sendiri, tanpa terhubung oleh jaringan luar atau internet. Namun apabila suatu LAN dihubungkan dengan beberapa LAN lainnya maka akan terbentuk suatu jaringan yang disebut Metropolitan Area Network (MAN)
Untuk membangun sebuah LAN dapat menggunakan metode wired (kabel), wireless (tanpa kabel) ataupun keduanya. Untuk LAN jenis wired dibangun menggunakan Ethernet dan untuk membangun LAN jenis wireless menggunakan sinyal Wi-Fi. Kebanyakan untuk LAN yang digunakan pada rumah-rumah menggunakan sebuah router untuk membuat sebuah jaringan sekaligus mengelolah perangkat yang terhubung dengannya. Router tersebut berperan sebagai pusat koneksi dan memungkinkan perangkat seperti komputer, laptop, handphone dan tablet untuk dapat saling terhubung. Biasanya router tersebut terhubung dengan sebuah kabel atau modem untuk menyediakan akses internet pada perangkat yang terhubung.
Perangkat komputer juga dapat digunakan sebagai pusat LAN. Pada kasus ini, komputer tersebut berperan sebagai server, dan menyediakan akses untuk berbagi file atau program pada perangkat yang terhubung. Hal ini sering diterapkan pada jaringan perkantoran atau sebuah lembaga.

Fungsi Jaringan LAN
Jaringan LAN atau jaringan lokal berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer dalam satu lokasi agar bisa terhubung satu sama lain sehingga akan memudahkan pertukaran data dan mempercepat proses kerja. Dengan adanya jaringan lan ini semua pekerjaan dapat dikerjakan dengan cepat dan mudah karena kita bisa mengakses data dari komputer mana saja, selain itu jaringan lan juga akan menghemat biaya karena perangkat yang ada pada jaringan LAN dapat digunakan secara bersama-sama dengan menggunakan teknik sharing misalnya sharing printer, sharing file dan lain-lain. Berikut adalah fungsi dan manfaat jaringan LAN:
  • Mempercepat proses pertukaran data dalam jaringan (sharing data).
  • Lebih hemat dan efisien karena perangkat dapat digunakan secara bersama-sama dalam satu jaringan (misal: printer, server, dll).
  • Memungkinkan informasi dan data tetap up to date sehingga jika ada pembaruan data dalam jaringan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.
Contoh jaringan LAN
  • Jaringan dilingkungan sekolah.
  • Jaringan komputer dikantor.
  • Jaringan Komputer di lingkungan kampus.
Pengertian WAN
Wide Area Network-WAN adalah jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.
Wide Area Network (WAN) sama seperti LAN dan MAN, merupakan salah satu pengelompokan jenis jaringan yang didasarkan pada jangkauan geografil wilayah mencakup seluruh kota, negara bagian, ataupun negara. Wide area network (WAN) adalah jaringan yang secara geografis memiliki ruang lingkup atau skala jangkauan yang sangat besar. WAN menghubungkan jenis jaringan yang lebih kecil seperti Lokal area networks (LAN) dan Metro area networks (MAN). Hal ini untuk memastikan komputer dan pengguna di suatu lokasi dapat berkomunikasi dengan komputer dan pengguna yang lain di suatu lokasi yang berbeda. WAN bisa dijalankan dengan bantuan sebuah sistem transmisi publik atau jaringan pribadi. Dalam sebuah perusahaan, WAN dapat terdiri dari koneksi perusahaan pusat, kantor cabang, dan fasilitas perusahaan tersebut. Biasanya router atau perangkat multifungsi lainnya digunakan untuk mengkoneksikan LAN ke WAN.
WAN bekerja dengan cara yang mirip dengan LAN, hanya dalam skala yang lebih besar. Biasanya, TCP / IP adalah protokol yang digunakan untuk WAN yang dikombinasikan dengan perangkat seperti router, switch, firewall dan modem. Faktor utama yang mempengaruhi desain dan kinerja WAN adalah persyaratan bahwa mereka menyewa sirkuit komunikasi dari perusahaan telepon atau operator komunikasi lainnya.
Tingkat transmisi biasanya 2 Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, 625 Mbps (atau kadang jauh lebih banyak). Sejumlah WAN telah dibangun, termasuk jaringan paket publik, jaringan perusahaan besar, jaringan militer, jaringan perbankan, jaringan pialang saham, dan jaringan reservasi maskapai penerbangan. Beberapa WAN sangat luas, mencakup dunia, namun sebagian besar tidak memberikan liputan global yang sebenarnya.

Pengertian MAN
Metropolitan Area Network (MAN) ialah sebuah jaringan komputer dalam suatu kota dengan transfer data yang berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai suatu lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan lain sebagainya. Jaringan MAN yaitu gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 sampai dengan 50 km, MAN ini adalah suatu jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota atau antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
Didalam jaringan MAN hanya mempunyai satu atau dua buah kabel yang berfungsi sebagai untuk mengatur paket data melalui kabel output. Tapi ada alasan utama untuk memisahkan MAN sebagai kategori khusus yaitu telah ditentukannya standart untuk MAN, dan standart ini sekarang sedang diimplementasikan. Standart tersebut disebut dengan DQDB (Distributed Queue Dual Bus) atau 802.6 menurut standart IEEE. DQDB terdiri dari dua buah kabel yaitu unidirectional dimana semua komputer dihubungkan.
Wireless pada Metropolitan Area Network merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi sulitnya pengembang untuk meng-cover suatu wilayah / kota, dengan adanya wireless maka biaya yang dahulu digunakan untuk biaya pengkabelan, maka dapat dialihkan untuk biaya pembuatan tower dan antena.
Jika dilihat dari teknik konfigurasi sell, maka penulis menyimpulkan bahwa teknik peng-coveran dengan menggunakan teknik 4 non-overlapping adalah cara yang tepat, cara yang murah jika dibandingkan dengan banyaknya wilayah dapat dijangkau.
Wireless MAN juga merupakan solusi yang tepat untuk menangani permintaan akan internet untuk daerah bencana alama, hutan dan sebagainya yang sulit untuk dijangkau dengan menggunakan kabel.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar